Mengenal burung Kea dari Selandia Baru

Burung Kea adalah jenis spesies bayan unik yang di temukan di wilayah hutan dan alpen Pulau Selatan Selandia Baru. Selandia Baru adalah memiliki kenampakan alam yang masih begitu alami,memukau dan indah,tidak hanya itu saja negara ini mempunyai hewan endemik yang unik dan menarik untuk di lihat.  


Kea adalah salah satu burung yang paling sedikit dari bayan alpen yang di ketahui di dunia. Burung ini adalah burung pemakan segala (omnivora) yang terdiri dari akar-akaran, dedaunan, biji, nektar dan serangga. Burung ini sekali-kali di bunuh untuk penghargaan, burung ini juga memiliki kecerdasan dan rasa ingin tahu, cerdasnya burung ini di sebabkan habitatnya yang berada di pegunungan yang sulit,dengan sumber makanan yang sulit untuk ditemukannya, dan selain itu juga kondisi iklim yang sulit,sehingga burung Kea menggunakan kepandaian/kecerdasan untuk bertahan hidup.


Burung ini termasuk burung betet yang berukuran besar,panjangnya kira-kira mencapai ukuran 48-50 cm,dan memiliki berat kurang lebih 800 gr hingga 1 kg,dan burung Kea jantan lebih besar di bandingkan betinanya. Di sisi lain,wujud asli burung Kea berwarna hijau olive keabu-abuan yang menyelimuti tubuhnya serta terdapat warna merah,biru dan hitam pada bagian belakang sayapnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post