Blogger Jateng

Burung Cantik Khas Indonesia

Hallo Sobat Burung!! Bagaimana kabar kalian semua. Semoga kabarnya baik dan sehat semua ya. Amin... Pada kali ini saya akan membahas artikel tentang Burung Cantik Khas Indonesia. Adakah kalian yang sudah tau jenis burung apa saja yang menjadi burung cantik khas Indonesia? Mungkin bisa kalian tebak sendiri ya hehee..


Burung-burung indah dan menawan khas Indonesia hal yang demikian beberapa ada yang terancam punah. Tetapi ada juga yang masih dapat ditemukan hidup bebas di alam liar. Siapa tahu kalau mujur, sobat dapat memandang mereka secara seketika saat berjalan-jalan.

1. Cendrawasih Biru



Pada biasanya orang mengetahui burung cendrawasih dengan corak cokelat kehitaman. Tetapi rupanya masih ada spesies burung surga lain yang tak indah menawan. Spesies yang dimaksud tidak lain yaitu Cendrawasih Biru alias Blue Paradise atau paradisea rudolphi dalam istilah bahasa latinnya.

Laporan sah yang mencatat kemunculan burung ini timbul pertama kalinya pada 1884. Bulu Cendrawasih Biru ialah kombinasi warna hitam dan biru, dengan ekor bercorak kecoklatan. Burung menawan ini informasinya dapat dijumpai di wilayah pegunungan Papua.



2. Jalak Bali


Jalak Bali adalah spesies burung khas Pulau Dewata. Tetapi keberadannya sekarang mulai langka dan terancam punah. Kecuali hal yang demikian tidak terlepas dari kian berkurangnya lahan hijau yang menjadi habitat sang binatang. Apabila itu tingkat perburuan kepada sang jalak juga tinggi, sebab kecantikan dan kemerduan suaranya.



Jalak Bali mempunyai nama latin leucopsar rothschildi. Sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu warna putih bersih, selain komponen ekor yang berwarna hitam dan sekitar paruh yang berwarna biru gelap.

Well, itulah sedikit ilustrasi mengenai sebagian burung menawan khas Indonesia. Tetapi mujur, para sobat traveler dapat memperhatikan sendiri kemolekan mereka di alam liar sembari berjalan-jalan. Tetapi jangan hingga berupaya menangkap dan membawa pulang, sebab sebagian di antaranya sekarang termasuk spesies langka.


3. Kakatua Raja


Berbeda dari kakatua pada biasanya, Kakatua Raja mempunyai tubuh hitam legam. Pengecualian untuk komponen sekitar mata dan paruh, yang berwarna merah. Burung ini berukuran cukup besar, sebab panjangnya dapat menempuh 60 centimeter.



Tingkah polah Kakatua Raja amat menarik untuk dilihat, terlebih untuk para penghobi bird-watching. Pantas burung indah dan menawan ini mempunyai jambul besar di komponen kepala, yang dalam peluang tertentu bakal ditegakkan. Sama seperti Cendrawasih Biru, Kakatua Raja informasinya masih dapat ditemukan di hutan Papua.


4. Burung Kipasan Sulawesi


Online dengan namanya, burung kipasan cuma dapat ditemukan di Sulawesi. Jangan kuatir apabila kalian susah menemukan info soal hewan ini di Tenaga, karena ada juga yang menyebutnya dengan istilah Rusty-bellied Fantail atau Kipasan Sulawesi Fantail. Sementara nama latinnya merupakan Rhipidura Teysmann.



Jika tarik utama burung kipasan ada di ekornya. Tetapi dilihat seksama, ekor burung ini terlihat bertingkat sehingga tampak beda dari binatang sejenis. Apalagi konon komponen hal yang demikian sering kali dijentikkan berulang kali oleh sang burung. Sungguh cantik dan menawan.


5. Nuri Merah Biak


Nuri Merah Biak termasuk binatang yang cukup langka. Kita cuma dapat menemukannya di hutan Pulau Biak. Apabila laporan juga menceritakan Nuri Merah sering kali tampak di tempat Teluk Cendrawasih, Papua. Tetapi mujur, sobat traveler dapat menemukan burung menawan ini sedang bertengger di sekitar wilayah perkebunan kelapa.



Dari segi penampilan, Nuri Merah Biak memang terlihat anggun dan tampak. Sekujur tubuhnya didominasi bulu-bulu berwarna merah, yang makin terlihat total berpadu dengan bercak ungu di sekita mata dan paruh sedikit kekuningan.  kelompok resminya, burung ini mempunyai nama latin eos cyanogenia.

Posting Komentar untuk "Burung Cantik Khas Indonesia"