Blogger Jateng

Kecantikan Warna dari Burung Goul Amadin

 


Goul Amadine termasuk jenis burung finch atau pipit yang tercantik di dunia karena memiliki berbagai warna yang indah, burung ini termasuk jenis burung yang banyak di pelihara. Burung Goul Amadin tidak hanya di pelihara tetapi juga di perjual belikan untuk menambah koleksi bagi para pecinta burung,dengan nilai jual yang tinggi, dan sangat mudah untuk memelihara dan menangkarkannya hanya dengan menggunakan sangkar biasa jadi tidak perlu khawatir untuk memelihara burung tersebut. Menangkarkan burung Goul Amadin ini tidak perlu memerlukan lahan yang luas di area rumah pun bisa karena burung ini tidak sulit untuk memeliharanya. 


Jumlah Goul Amadin telah menurun sejak lama,habitat mereka berkurang atau berubah,yang menyebabkan menurunnya dikarenakan adanya parasit sejenis tungau yang bertanggung jawab atas penurunan spesies ini, ini adalah faktor utamanya. Karena burung ini rentan terhadap penyakit dan infeksi virus,warnanya yang indah membuat burung ini mudah di tangkap predator. Diluar musim kawin burung ini sering bergabung dengan burung jenis lainya, kawanan ini akan berkumpul dengan kurang lebih 1000-2000 ekor, jika di musim kawin mereka biasanya di temukan di kawasan lereng scree kasar di mana vegetasi jarang di temukan. Dan di musim kemarau mereka akan berpindah-pindah kemanapun makanan dan air tersedia/di temukan.

Perkebangbiakan burung Goul Amadin biasanya akan membuat sarangnya di lubang pohon, burung ini berkembangbiak di awal musim kemarau ketika ada banyak makanan di sekitar. Ketika burung jantan ini mendekati betina,burung Goul Amadin akan mengacak-acak bulunya dan berkicau untuk memamerkan keindahan warna bulunya yang cerah,burung ini akan membentangkan dadanya untuk mengibaskan bulu-bulunya di dahinya. Burung ini juga memakan spesies enam benih rumput yang berbeda,tetapi belum di temukan bahwa burung ini memakan serangga. Terbukti bahwa burung Goul Amadin betina  dapat mengontrol jenis kelamin keturunan mereka dengan memilih pasangan sesuai dengan warnayang adadi kepalanya.

Untuk membedakan burung  Goul Amadin jantan dan betina sangat mudah, sebelum penangkaran dimulai alangkah baiknya menyiapkan sepasang burung Goul Amadin jantan dan betina. Jika ingin membedakan burung Goul Amadin yang jantan meiliki bulu dada dengan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan betina, seringkali juga kita menemukan burung ini hasil mutasi warna,sehingga kitaharus benar-benar bisa membedakanya agar tidak salah memilih burung untuk di sangkarkan nantinya. 




Setelah selesai menangkarnya tidak lupa untuk memberinya makan dengan protein yang tinggi agar terhindar dari berbagai penyakit,sayang jika burung cantik yang kita pelihara terkena sakit jika kita tidak bisa merawatnya. Burung ini nantinya akan bertelur sekitar 4 sampai 8 butir telur dan akan mengerami telurnya selama kurang lebih 16-18 hari hingga menetas,setelah berumur 22-25 hari anakan burung ini akan keluar dari cangkang telurnya selama 4-5 minggu anakan burung Goul Amadin tetap mendapatkan asupan dari kedua induknya. 





Posting Komentar untuk "Kecantikan Warna dari Burung Goul Amadin"