Blogger Jateng

Burung Kuntul

 Hai Sobat Burung!! Bagaimana kabar kalian semua. Semoga kabarnya baik dan sehat semua ya. Amin... Pada kali ini saya akan membahas artikel tentang Burung Kuntul. Adakah kalian yang sudah tau burung ini? Yuk kita simak pembahasan singkat berikut ini.


Burung Kuntul


Hasil gambar untuk burung kuntul
Burung Kuntul

Burung Kuntul ini memiliki nama ilmiah Ardeidae. Makanan dari burung kuntul ini adalah ikan, katak, jangkrik dan serangga air. Burung ini sering ditemui di sawah berair, hutan bakau, aliran air. Burung kuntul ini memiliki ciri-ciri berwarna dasar putih, leher panjang dan kaki yang panjang.

Burung ini biasanya mencari makan di sawah atau tempat yang berair. Mereka memburu makanannya dengan menombak kearah mangsanya dengan paruh mereka yang panjang dan tajam, denagn sangat cepat. Mereka biasanya tidur dan bersarang di hutan bakau, pohon tinggi dan rimbun. Burung ini menghasilkan 2 – 3 butir telur. Mereka bersarang secara berkelompok bahkan tidak jarang dalam satu pohon bisa terdiri dari 3 – 5 sarang. 


Tambahan dari burung yang lain :

Burung Cinenen atau Ketinglar (Orthotomus sepium)

Makanan : serangga, ulat
Habitat : pohon yang rimbun dan semak
Ciri-ciri : kepala merah badan keabu – abuan, sayap abu kemerahan,
Ekor abu – abu, kaki merah, paruh merah keputihan.

Burung ini tidak jauh beda dengan jenis burung prenjak atau ciblek, tapi mereka suka bersarang di pohon dengan jumlah telur 2 – 3 butir.


Burung Penghisap Madu Sriganti atau Kepecit (Nectarinia jugularis)

(jantan)
(betina)

Makanan       : sari bunga, serangga
Habitat          : di tempat yang banyak tumbuh bunga
Ciri-ciri     : kepala – punggung hingga sayap hijau gelap, dada sampai perut berwarna kuning cerah,untuk yang jantan tidak ada bulu yang mengkilap dibawah paruh hingga leher, betina memiliki lehermengkilap.



Untuk jenis burung ini mereka bias mengepakkan sayapnya begitu cepan sehingga bias menghisap sari bunga tanpa harus bertengger. Burung ini memiliki habitat yang tak terbatas, dimana ada bunga disana pasti ada burung ini. Mereka biasa bersarang di pohon tinggi dan rimbun. Jumlah telur mereka 2 – 3 butir. Sarang mereka menggantung.


Burung Murai Gila atau Temblek (Rhipidura javanica)

Makanan : serangga kecil dan ulat
Habitat    : daerah aliran sungai pohon rimbun
Ciri-ciri   : kepala hitm, punggung hingga sayap hitam, ekor hitam,dada putih, leher hitam dan ada stripe putih.

Burung ini biasa dijumpai di kandang ternak di sawah, biasanya mereka mencari serangga terbang dan kutu di hewan ternak. Burung ini sangat lincah sehingga bias menangkap serangga yang beterbangan. Burung ini biasa bersarang di ranting pohon yang kecil dan menjulur kebawah sehingga sulit untuk menjangkau sarang mereka. Burung ini biasa bertelur 2 – 3 butir tiap sarang.


Burung anis merah atau punglor merah

Makanan : serangga, cacing, ulat, jangkrik
Habitat    : pohon kopi, pohon salak, rumpun                             bambu dll
Ciri-ciri   : kepala dan badan berwarna merah, ayap berwarna abu kehitaman denagn stripe putih, kaki  merah

Burung ini termasuk burung yang sekarang ini menjadi burung kicauan. Burung ini biasa bersarang di pohon kopi tapi tidak jarang bersarang di pohon jenis yang lain. Burung ini bertelur 3 – 4 butir. Yang menarik burung ini bias teller. Pada waktu teller burung ini akan terus berkicau dan tidak menghirukan keadaan sekelilingnya.


Pelatuk Besi

 
 Pelatuk besi : badan lebih besar dari pelatuk biasa, badan coklat kehitaman, ada jambul di kepala berwarna merah, paruh hitam, kaki hitam







Pelatuk Biasa


Nama       : burung pelatuk atau belatuk
Makanan : serangga, ulat
Habitat    : hutan
Ciri-ciri    : Pelatuk biasa : kepala putih dengan stripe hitam, sayap hitam dengan titik putih sepajang sayap, punggung – dada hingga perut berwarna putih, ekor hitam, kepala ada bulu berwarna merah mirip jambul.


Burung ini suka mencari makan batang – bantang pohon, mereka biasanya melubangi pohon menggunankan paruh mereka yang panjang dan runcing untuk menangkap ulat yang ada di batang pohon. Burung ini biasa ditemui di pinggiran hutan atau dalam hitam. Mereka bersarang di lubang – lubang pohon yang mereka lubangi sendiri. Mereka biasanya mengeluarkan telur 2 – 3 butir, tp biasanya yang menetas hanya 2 ekor tiap sarang.


Jalak Kebo (Acridotheres fuscus)

Makanan : serangga, ulat, belalang, buah - buahan
Habitat    : hutan, daerah persawahan, kebun dll
Ciri-ciri    : kepala – ekor berwarna abu – abu kehitaman, sayap berwarna hitam dan beberapa helai bulu sayapnya berwarna putih, kaki kuning, paruh kuning, lingkaran mata berwarna putih kekuningan.


Burung ini sering terbang secarab berkelompok dengan jumlah yang tidak terlalu banyak antara 5 – 10 ekor. Mereka sering hinggap di punggung kerbau untuk mencari parasit yang menempel di punggung kerbau. Burung ini suka bersarang di lubang – lubang pohon, tapi tidak jarang mereka membangun sendiri sarang mereka (ini tergantung lingkungan mereka tinggal). Mereka biasa bertelur 2 butir tiap sarang.

Nah itu tadi pembahasan singkat tentang Burung, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya. Terima kasih sudah berkunjung. Tunggu artikel tentang burung lainnya. Bye...:)

Posting Komentar untuk "Burung Kuntul"